Fakta & Mitos Seputar GM / Game Master di Indonesia!

| Monday 1 September 2014

Quote:Pembukaan

To the point aja ya,, buat kamu yang sering main game terutama game online pasti kenal dengan yang namanya GM atau Game Master dong? Tapi tahukah kamu apa sebenarnya tugas seorang GM itu? Sebelum melangkah lebih jauh, ane mau kasih 1 Fakta yang akan buat beberapa orang dari kamu terguncang.

GM / Game Master = Customer Service Representative
Gak Percaya? yuk kita bahas satu per satu.... 





GM Pasti Jago Programing, Networking dan Server
Quote:
Langsung aja, kita simak beberapa Lowongan pekerjaan GM dari publisher-publiher game dalam negeri.




Kalau kamu cermati beberapa lowongan di atas, tidak ada satupun publisher yang mensyaratkan kemampuan programing dan networking sebagai salah satu syarat untuk melamar menjadi GM. Bahkan dua kemampuan itu memang gak masuk ke job description seorang Game Master.

Kesimpulan: MITOS




GM Harus Bisa Benerin Bug, Error & Cheat
Quote:Seperti saya sebut di awal, tugas utama Game Master pada dasarnya adalah sebagai perwakilan Customer Service in Game. Tugas utama GM umumnya adalah menerima keluhan dari pelanggan (Player) tentang berbagai macam hal mulai dari bug, cheat, error dan lainnya untuk dilaporkan ke bagian lain seperti Developer & System Admin yang akan memperbaiki masalah tersebut. Saya ulangi sekali lagi, GM hanya menerima keluhan, kemudian melaporkan ke bagian yang bersangkutan untuk di perbaiki.

Kesimpulan: MITOS




GM Kerjanya Lambat / Magabut!
Quote:Kita semua tau bagaimana mental pemain game online Indonesia, ya meskipun gak semuanya tapi kebanyakan sering bilang kayak gini, "JING GM BENERIN TUH BUG", "TOD NICH GM GAK ADA KERJANYA, CHEATER MERAJALELA GAK DI BANNED". Nah daripada maki2 seperti itu mari kita liat alur kerjanya:

Bug / Error / Cheat > Player > GM > Developer / System Admin > Patch > GM > Problem Solving!
Bisa dilihat sendiri kan, Cepat lambatnya masalah in game di selesaikan tidak selalu di karenakan GM nya lambat, tapi lebih ke berapa lama Developer bisa benerin bug nya dan kasih patch nya.

Kesimpulan: MITOS




GM Itu Kerjanya Enak, Main Game Terus Dapet Duit
Quote:Tugas utama GM sendiri sebenarnya sudah cukup berat apalagi mengingat mental-mental Gamer MMO Indonesia kebanyakan. Jika tugas menerima keluhan ini kurang berat, perlu kamu ketahui GM juga bertanggung jawab sebagai wasit / referee yang menentukan user di banned, patch implementor, mencari penyebab bug / error terjadi sebelum di laporkan ke developer, dan bahkan beberapa Publisher ada yang cukup kejam menyuruh GM bertugas double sekaligus sebagai Moderator/Admin di forum dan fanspage game nya masing2. Bisa bayangin gak? Udah di maki2 di game, di email juga, di Thread & Sosmed juga. 

Kesimpulan: MITOS




GM Pasti Jago Main Game
Quote:Agak sulit nentuin point yang ini, karena jago atau enggak pasti relatif tergantung gamenya. Tapi pada dasarnya persyaratan untuk jadi GM di sebagian besar publisher adalah harus sudah paham dengan dunia game online. Jadi GM biasanya memang orang yang sudah berpengalaman dengan dunia game.

Lagipula GM biasanya di kasih previlage bisa merubah status dan equip char nya sesusa hati (meski ini lebih untuk keperluan testing), ya meski GM nya gak jago kalau nyawanya infinite dan sekali colek musuhnya mati ente mau bilang apa. 

Kesimpulan: Fakta


Quote:Penutup
Sementara cukup itu dulu, selebihnya akan saya update jika thread nya ramai. Well, Fakta & Mitos seputar Game Master ini cukup menarik buat saya, karena meski game online di Indonesia sudah berjalan cukup lama mulai dari era nixia kemudia Ragnarok, GunBound hingga sekarang tetapi masih banyak Gamer Indonesia yang belum tau apa itu sebenarnya Game Master / GM. Dan karena ketidaktauannya ini mereka dengan mudahnya menyalahkan GM atas semua masalah yang terjadi di dalam game.

Tapi apa salah Gamer complain ke GM kalau ada masalah? Ya tentu tidak, kan saya juga bilang pada dasarnya GM adalah customer service, asal tidak berlebihan, jelas, dan tidak mengarah pada personal insult. Salah satu customer service ISP di Indonesia pernah bilang ke seorang narasumber, "Begini ya mas, kami CS memang disediakan untuk dimaki-maki pelanggan, tapi harap bapak tau meski bapak telepon 100 kali sehari atau mau teriak-teriak sampai pita suaranya putus kalau Admin kami belum solve masalahnya ya tetap akan terus masalah." 


0 comments:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲